PROSES BISNIS DIBIDANG TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
PROSES BISNIS DIBIDANG TEKNIK JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta
Didik diharapkan Mampu:
1. Memahami
Proses Bisnis pada Bidang Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
2. Merencanakan
Kebutuhan Bisnis kepada konsumen atau pelanggan Bidang Teknik Jaringan Komputer
dan Telekomunikasi
3. Menganalisis
Strategi Implementasi (Instalasi dan Konfigurasi Kepuasaan Pelanggan)
APERSEPSI
Zaman sekarang
ini adalah jaman modern, hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah, mulai
membayar semua tagihan baik berupa tagihan telepon, internet, tv berbayar,
listrik, pam dan lain-lain, cukup dengan menggunakan m-banking, dan semua bisa
dilakukan dengan cara online. Kita tidak dapat memungkiri pentingnya teknologi
informasi dalam kehidupan kita. Teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian
yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan
baik skala besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi, sebagai salah
satu aktifitas yang sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap
layanan bisnis yang mereka kelola.
Teknologi
Informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi
pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya
aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain.
Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa
perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan
Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pola kerja. Misalnya penerapan
Enterprice Resource Planning (ERP).
Dalam dunia
bisnis peranan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara
elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-dagang). E-Commerce adalah
perdagangan menggunakan jaringan internet. E-commerce merupakan bagian dari
e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
pelanggan, transaksi pembelian, tracking pengiriman barang, lowongan pekerjaan
dan lain-lain. Selain teknologi jaringan internet, e-dagang dalam tata kelola
kehidupan juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases),
e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang
lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk
e-dagang ini.
MATERI
PEMBELAJARAN
A. PROSES BISNIS PADA BIDANG TEKNIK
JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
Proses bisnis adalah sekumpulan aktifitas yang memang
dirancang untuk menyelesaikan tujuan tertentu dalam sebuah organisasi seperti
pelanggan dan pasar karakteristik nya seperti : memiliki tujuan, memiliki input
tertentu, memiliki output, menggunakan sumber daya, memiliki sejumlah aktifitas
yang dilakukan dalam suatu urutan, dapat mempengaruhi lebih dari satu unit
organisasional, menciptakan suatu nilai untuk konsumen. Definisi diatas
menegaskan akan pentingnya aspek bagaimana sebuah produk dikerjakan dalam
sebuah organisasi, bertolak belakang dengan fokus yang menekankan pada aspek
apa produk yang dikeluarkan.
Teknologi informasi menyediakan alat dan kemampuan untuk merespon tekanan-tekanan dari luar pihak yang sama dalam bidang bisnis. Bisnis menghadapi tekanan untuk menghasilkan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih modern komputer sendiri memiliki beberapa bagian yang berbeda, contoh sebagai berikut
- Hardware adalah komponen penting yang digunakan untuk bisamemasukan
segala bentuk data kemudian disusun menjadi sebuah informasi, semua itu
dapat dilakukan melalui input device dan output device. hardware pun
memiliki beberapa komponen, contohnya :
a.
CPU
b.
Memory
c. media penyimpanan
2. Sofware Adalah program yang mengendalikan operasi dari hardware komputer untuk melakukan proses pengubahan data menjadi informasi Komponen yang ada dalam teknologi informasi :
a.
Data
Data adalah fakta mentah yang tidak terorganisasi.
b.
Informasi
Informasi adalah data yang terorganisir memiliki makna.
c.
System
System adalah komponen–komponen yang berinteraksi untuk
mencapai tujuan Bersama
d.
Komputer
Komputer adalah peralatan elektronik yang beroperasi
dibawah instruksi yang terkontrol yang tersimpan pada memory alat tersebut.
Ada banyak sekali proses bisnis dalam dalam bidang Teknik
Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, hal ini bertujuan untuk lebih
mengembangan kemampuan baik oleh perusahaan ataupun perseorangan. Berikut
adalah beberpaa alasan proses bisnis di bidang Teknik jaringan komputer dan
telekomuniaksi.
1. Mempermudah Cara Komunikasi
Salah satu contoh alsan bisnis pada bidang Teknik Jaringan
Komputer dan Telekomunikasi adalah mempermudah cara komunikasi, contohnya
adalah email sebagai sarana utama berkomunikasi antara satu orang dengan yang
lainnya. Email adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat
mudah dan relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk
berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga
berkembang, yang memungkinkan seseorang untuk saling berkomunikasi dengan
menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem
konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih
banyak lagi lainnya.
2. Memberikan Pengetahuan dan Sumber
Informasi
Melalui internet, kita hanya membutuhkan satu klik dan
semua informasi sudah tersedia di depan mata kita. Semakin banyak pengetahuan
yang kita peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang
sedang kita kelola. Selain itu kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi
yang berkaitan dengan kompetitor kita.
3. Manajemen Data
Zaman dulu dan sekarang sangatlah berbeda, dulu deretan lemari arsip yang berisikan
dokumen-dokumen misalnya sebuah perusahaan sekarang sudah tidak terlalu
dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini,
sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan
perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua
orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang
mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis,
dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan
4. Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat
digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai
bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi
itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak
data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan
untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas
investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat
melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi
terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan
produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
5. Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka
merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship
Management (CRM) adalah sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi
perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan
jika sewaktu-waktu dibutuhkankarena data record. Salah satu contohnya pelanggan
menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi
pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat
segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh
interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena
mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi
perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.
6. Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat
membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam,
tidak seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang
dan waktu.
Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan
teknologi, Para pelaku IT mulai gencar memanfaatkan kemajuan tersebut.
Khususnya dalam bidang Teknologi Informasi, para pelaku IT dapat memperoleh
kemudahan dalam setiap urusannya. Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana
ada banyak persaingan untuk dapat terus berkembang. Diperlukan kreativitas,
kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar bisa bersaing di dalamnya. Melihat
banyaknya fungsi yang diperoleh dari teknologi informasi, sangat jelas kalau
kita akan sangat membutuhkannya.

Komentar
Posting Komentar